27 Juni 2011

Program Capacity Building

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka Implementasi EDS/M-MSPD Provinsi Jawa Tengah Tahun 2011. EDS merupakan salah satu komponen utama SPMP (Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan) selain Ujian Nasional, Akreditasi Sekolah, dll.

EDS merupakan suatu isntrumen yang diharapkan dapat memfasilitasi dan membantu sekolah untuk dapat secara berkala dan berkelanjutan memotret dan memetakan prestasi dan kekurangan dirinya dalam mencapai 8 Standar Nasional Pendidikan atau Standar Pelayanan Minimal untuk SD dan SMP.

Kegiatan ini dilaksanakan di LPMP selama 5 hari yang dimulai tanggal 27 Juni 2011 sampai 1 Juli 2011. Peserta kegiatan Capacity  Building adalah para calon fasilitator (pendamping) implementasi terdiri dari pendamping LPMP Jawa Tengah dan Pengawas Sekolah Binaan. Pendamping LPMP terdiri atas Widyaiswara LPMP, Staf LPMP, Instruktur, Kepala Sekolah, Dosen Perguruan Tinggi, Kepala UPTD dengan jumlah peserta 212 orang, sedangkan pengawas sekolah daerah binaan dengan jumlah yang sama yaitu 212 orang.


Materi Capacity Building:
a. Kebijakan Kementrian Pendidikan Nasional Tahun 2011
b. Konsep Instrumen EDS-MSPD Edisi Revisi 2011
c. Konsep Pendidikan Karakter Bangsa (PKB) dalam Implementasi EDS-MSPD
d. Pemahaman SNP dan SPM dalam Implementasi EDS-MSPD
e. Simulasi pengisian Instrumen EDS-MSPD dengan menginttegrasikan nilai-nilai PKB
f. Penyusunan Rekomendasi dan RKS
g. Tahapan dalam Agregasi MSPD
h. Strategi Alternatif Program Pendampingan Implementasi EDS-MSPD
i, Penerapan Prinsip-prinsip Pembelajaran Andragogi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

blogger templates | Make Money Online